Philippe Troussier Terkesan dengan Kualitas Pemain Timnas Indonesia

Philippe Troussier Terkesan dengan Kualitas Pemain Timnas Indonesia

Mantan pelatih Timnas Vietnam, Philippe Troussier, memberikan pujian kepada Timnas Indonesia yang memiliki 20 pemain berkelas. Hal ini diungkapkannya ketika membandingkan Timnas Vietnam dengan Timnas Indonesia. Troussier baru-baru ini dipecat dari posisinya sebagai pelatih Timnas Vietnam setelah Vietnam kalah telak 0-3 dari Timnas Indonesia di Stadion My Dinh pada 26 Maret 2024 dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026. Ini merupakan kekalahan kedua berturut-turut yang diderita Vietnam dari Indonesia dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026, setelah sebelumnya kalah 0-1 di Jakarta.

Setelah dipecat, Troussier mengungkapkan bahwa Timnas Vietnam saat ini kekurangan pemain berkualitas. Menurutnya, hanya ada dua pemain yang dianggap memiliki kualitas bagus di skuad Vietnam, yaitu Hoang Duc dan Bui Hoang Viet Nah. Troussier kemudian membandingkan kondisi Timnas Vietnam dengan Timnas Indonesia, di mana ia menyatakan bahwa Timnas Indonesia memiliki banyak pemain berkualitas, bahkan mencapai 20 pemain kelas atas.

Menurut Troussier, sebuah tim yang kuat harus memiliki pemain-pemain yang baik secara individu, termasuk dalam aspek kebugaran fisik, teknik, dan pola pikir bermain. Troussier menilai bahwa hanya dua pemain di Timnas Vietnam yang memenuhi kriteria tersebut, sementara Timnas Indonesia memiliki banyak pemain berkualitas. Meskipun ia tidak menyebutkan secara spesifik siapa saja pemain-pemain tersebut, Troussier meyakini bahwa Timnas Indonesia memiliki potensi besar dengan kehadiran 20 pemain kelas atas.