Gempa Tuban Mengguncang, BNPB Catat 143 KK Terdampak dan Kerusakan Luar Biasa

Gempa Tuban Mengguncang, BNPB Catat 143 KK Terdampak dan Kerusakan Luar Biasa

Gempa yang terjadi di Kabupaten Tuban, Jawa Timur pada Jumat 22 Maret 2024 telah menyebabkan 143 kepala keluarga terdampak di wilayah Jawa Timur. Menurut laporan dari Pusat Pengendalian Operasi BNPB, hingga Sabtu (23/3/2024) pukul 00.20 WIB, terdapat 10 KK di Kabupaten Tuban, 130 KK di Kabupaten Gresik, satu KK di Kabupaten Pamekasan, dan dua KK di Kota Surabaya yang terdampak akibat gempa tersebut.

Dampak gempa ini juga menyebabkan kerusakan berbagai infrastruktur di beberapa daerah. Di Kabupaten Tuban, tercatat empat unit rumah rusak berat, empat unit rumah rusak sedang, dan dua unit rumah rusak ringan. Selain itu, satu balai desa mengalami kerusakan parah, fasilitas ibadah rusak ringan, dan kandang milik warga roboh akibat guncangan gempa.

Di Kabupaten Gresik, terdapat 19 unit rumah rusak berat, 61 unit rumah rusak sedang, dan 50 unit rumah rusak ringan. Beberapa fasilitas umum juga mengalami kerusakan, seperti fasilitas pendidikan, masjid, musola, kantor desa, gedung perkantoran, dan RSUD Umas Mas’ud Sangkapura yang mengalami kerusakan ringan.

Sementara di Kabupaten Pamekasan, satu unit rumah warga mengalami kerusakan ringan. Di Kota Surabaya, terdapat dua unit rumah warga yang rusak ringan, serta RS Unair dan RSUD M Soewandhi yang juga mengalami kerusakan ringan. RSUD Soetrasno di Kabupaten Rembang juga terdampak, sehingga pasien harus dievakuasi keluar gedung.

BPBD setempat terus melakukan penanganan darurat bencana dengan melakukan pendataan dan monitoring di sejumlah lokasi terdampak. Mereka juga mendirikan tenda pengungsian di halaman RS Unair Surabaya dan mengirimkan personel ke pusat gempa di Pulau Bawean dengan menggunakan kapal yang membawa kendaraan roda dua, tenda pengungsi, terpal plastik, dan makanan siap saji untuk melakukan penanganan lebih lanjut di wilayah tersebut.

Sumber : Okezone

Semoga bantuan dan upaya penanganan bencana ini dapat membantu para korban gempa untuk pulih dan bangkit kembali. Teruslah berdoa dan memberikan dukungan kepada mereka yang terdampak, agar semangat dan harapan tetap terjaga dalam menghadapi cobaan ini. Semoga keadaan segera membaik dan semua dapat kembali ke kehidupan normal dengan cepat.