Berkomunikasi dengan Lebih Mudah: Google Translate Bawa 110 Bahasa Baru!

Google baru saja melakukan pembaruan besar-besaran dengan menambahkan dukungan untuk 110 bahasa baru dalam aplikasi Google Translate. Menurut GSM Arena, pada Sabtu (29/6), Google menggunakan model bahasa AI PaLM 2 untuk melatih perangkat lunak dalam 110 bahasa tersebut. Ini menunjukkan betapa Google serius dalam mengembangkan teknologi AI dan mengintegrasikannya ke dalam layanan mereka, termasuk Google Translate.

Salah satu keunggulan AI yang digunakan adalah kemampuannya untuk mempelajari bahasa yang saling terkait dengan baik. Bahasa seperti Hindi, Awadhi, dan Marwadi, serta kreol Prancis seperti Kreol Seychelles dan Kreol Mauritius, dapat dipelajari dengan baik oleh AI. Bahkan bahasa Kanton, yang sulit karena tumpang tindih dengan bahasa Mandarin, sekarang memiliki dukungan di Google Translate setelah bertahun-tahun menjadi permintaan dari pengguna.

Lebih menarik lagi, sekitar 25 persen dari bahasa baru yang ditambahkan adalah bahasa Afrika. Setiap bahasa yang ditambahkan memiliki penggunaan yang luas, dengan setidaknya satu juta orang di seluruh dunia menggunakan bahasa tersebut. Bahkan ada beberapa bahasa yang digunakan oleh ratusan juta orang. Dengan penambahan 110 bahasa baru, Google Translate kini mendukung total 223 bahasa, menjadikannya salah satu alat terjemahan online terlengkap di dunia.