Perlindungan Sosial Mahasiswa KKN oleh BPJS Ketenagakerjaan

Perlindungan Sosial Mahasiswa KKN oleh BPJS Ketenagakerjaan

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atau dikenal dengan BP Jamsostek Pangkalpinang berperan penting dalam memberikan perlindungan dan keamanan kepada mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syaikh Abdurrahman Siddik (SAS) Bangka Belitung yang mengikuti Kuliah Program Kerja Nyata (KKN) pada tahun 2024. Pembagian kartu kepesertaan perlindungan sosial kepada para pelajar baru-baru ini oleh Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pangkalpinang, Abdul Shoheh, mencerminkan komitmen organisasi untuk menjamin keselamatan dan kesejahteraan pelajar selama berkiprah di masyarakat.

Pemberian perlindungan sosial ini sangat penting untuk menjaga mahasiswa dari risiko-risiko tak terduga yang mungkin timbul selama pelaksanaan kegiatan KKN. Dengan mendaftar di BPJS Ketenagakerjaan, pelajar dapat yakin bahwa semua biaya yang diperlukan, termasuk biaya pengobatan dan tunjangan kematian, akan ditanggung oleh organisasi jika terjadi keadaan darurat. Prakarsa ini tidak hanya meningkatkan rasa aman di kalangan mahasiswa tetapi juga menyoroti pentingnya kesejahteraan dan dukungan sosial di lingkungan pendidikan tinggi.

Konsep jaminan dan perlindungan sosial di Indonesia telah berkembang selama bertahun-tahun untuk memenuhi kebutuhan berbagai kelompok masyarakat, termasuk pelajar. Pembentukan BPJS Ketenagakerjaan menandai tonggak penting dalam memberikan cakupan jaminan sosial yang komprehensif kepada pekerja, memastikan stabilitas keuangan dan kesejahteraan mereka. Dengan memperluas cakupan kepada pelajar yang mengikuti program KKN, BPJS Ketenagakerjaan menunjukkan komitmennya dalam mendukung pendidikan dan pengembangan pribadi individu muda dengan tetap mengutamakan keselamatan dan keamanan mereka.

Kepemimpinan dan dedikasi mereka berkontribusi pada pengelolaan sumber daya yang efektif dan penyediaan manfaat yang efisien bagi mereka yang membutuhkan. Melalui bimbingan dan keahliannya, BPJS Ketenagakerjaan tetap menjunjung misinya dalam meningkatkan kesejahteraan sosial dan menjamin kesejahteraan anggotanya, termasuk mahasiswa peserta kegiatan KKN.