Inspirasi Buat Kemajuan: Heru Budi Hartono Dorong Sekolah Berkualitas di Jakarta

Penjabat Gubernur Jakarta, Heru Budi Hartono, mengajukan permintaan kepada pemerintah pusat agar lebih banyak sekolah berkualitas dibangun di sekitar Jakarta. Alasannya adalah karena banyak penduduk dari daerah lain bermigrasi ke Jakarta dengan mengubah Kartu Keluarga mereka untuk bisa mendapat pendidikan di ibu kota.

“Kami berharap pemerintah pusat dapat membangun sekolah-sekolah berkualitas di sekitar sini agar penduduk tidak perlu lagi mencari pendidikan di Jakarta,” ujar Heru di Jakarta, pada hari Sabtu. Meskipun demikian, Heru menegaskan bahwa penduduk masih diperbolehkan untuk memindahkan KK mereka ke Jakarta meskipun kapasitas sekolah di DKI Jakarta terbatas.

“Solusinya sebenarnya cukup sederhana, misalnya Bekasi dapat membangun beberapa SD, SMP, dan SMA berkualitas tinggi. Begitu juga dengan wilayah Tangerang,” tambahnya. Sebelumnya, Heru telah mengajak kepala daerah di sekitar Jakarta untuk membangun sekolah dengan standar yang setara dengan Jakarta, agar penduduk tidak perlu lagi pindah ke Jakarta untuk mendapatkan tempat di sekolah melalui jalur zonasi PPDB.